Nusa Tenggara Barat dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa memilki keunikan masing-masing dalam peningkatan ekonomi. Peningkatan ekonomi menjadi salah satu barometer kemajuan suatu daerah. Pulau Lombok dengan sebutan pulau seribu masjid lebih menonjol peningkatan ekonomi melalui sektor pariwisata setelah sektor lainnya seperti pertanian, perkebunan, perikanan,perdagangan danlainya. Sektor pariwisata yang menjadi salah satu penopang peningkatan ekonomi NTB mendapat ujian bertubi-tubi seperti gempa bumi pada tahun 2018, virus corona awal tahun 2020 yang meluluh lantahkan sektor yang satu ini.

Upaya membangkitkan sektor pariwisata terus menjadi perhatian semua steakholder untuk menormalkan kembali angka kunjungan wisatawan yang berkunjung ke NTB. Pemerintah provinsi terus menggenjot pembangunan sirkut motor GP yang ada di kawasan ekonomi khusus Mandalika Lombok Tengah yang menjadi salah satu upaya dan langkah pemerintah memajukan sektor yang satu ini.
Pulau Sumbawa dengan potensi sumber daya alamnya yang tidak kalah dengan Pulau Lombok. Gunung emas yang dimilki pulau ini menjadi salah sektor andalan dalam meningkatkan ekonomi disamping sektor lainnya yang tidak kalah besarnya. Mencari dan menciptakan sektor yang lain dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat menjadi pekerjaan rumah yang terus menjadi perhatian baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan desa.

Peningkatan ekonomi dari akar rumput yang biasanya tidak pernah menjadi perhatian lebih dan menjadi perhatian dan peluang besar yang dilihat oleh BUMD PT. Gerbang NTB Emas. PT. Gerbang NTB Emas salah satu dari sekian banyak BUMD yang dimiliki oleh pemerintah provinsi NTB yang bergerak dalam berbagai sektor usaha dan jasa. Peluang dan celah yang di mapping melalui program TDC Mahadesa. Melaui program TDC Mahadesa menghasilkan terobosan baru dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejehteraan berbasis desa.

Program TDC Mahadesa yang masih satu tahun lebih berjalan sudah mampu memberikan andil besar dalam meningkatkan ekonomi didesa. Trade and distribution center atau pusat perdagangan dan distribusi desa yang bekerjasama dengan Bumdes masing-masing desa memberikan dampak yang signifikan dalam memberikan kontribusi peningkatan perputaran ekonomi. Mapping potensi desa yang dilakukan sangat efektif dalam menjalankan TDC Mahadesa yang menjadi nilai lebihnya.

Momentum launching 100 TDC Mahadesa yang bertepatan dengan tanggal 17 Desember 2020 hari ulang tahun NTB yang 62 menjadi kado serta hadiah terindah dalam peningkatan ekonomi dari desa untuk NTB Gemilang. 100 TDC Mahadesa yang dilaunching hari ini berasal dari semua kabupaten dan kota se-NTB. Semoga momentum bersejarah ini menjadi daya lecut dan motivasi yang terus menjadi energi yang tidak pernah ada habisnya untuk berkontribusi dalam meningkatkan visi NTB Gemilamg.
Mengambil istilah dari dari Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah “Pulau Kita Kecil akan tetapi Mimpi kita besar” Seribu langkah diawali dengan satu langkah pertama. NTB akan besar ketika semua masyarakat dan semua steakholder berani bermimpi besar dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju NTB yang Gemilang.

Leave a Comment